Mudah Merasa Lelah dan Perut Sering Kembung? Bisa Jadi Liver Anda Bermasalah!

Selain menghasilkan zat yang berguna untuk mencerna makanan, fungsi hati atau liver adalah melakukan proses detoksifikasi zat-zat hasil metabolisme tubuh.. Maka dari itu, jika terjadi kerusakan pada liver, berbagai gejalanya tentu dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Jika Anda akhir-akhir ini mudah sekali merasa lelah dan sering mengalami perut kembung, bisa jadi itu merupakan sebuah tanda liver Anda bermasalah. Jangan sepelekan gejala penyakit liver dan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab penyakit liver dan jenis penyakit liver

Penyebab penyakit liver bisa berasal dari infeksi oleh virus atau parasit. Sejauh ini, virus yang sering menyebabkan penyakit liver adalah virus Hepatitis B dan Hepatitis C. Dampak jangka panjang penyakit hepatitis ini adalah sirosis hati dimana jaringan hati berubah menjadi jaringan parut dan mengalami gangguan fungsi serta dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi.

Baca Juga : Pahami Trauma Toraks dan Penjelasannya

Jenis penyakit liver sangat beragam. Hingga saat ini, penyakit liver yang sudah teridentifikasi mencapai sekitar 100 jenis penyakit dengan penyebab yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya adalah penyakit liver terkait alkohol, perlemakan hati, hepatitis, penyakit liver kolestasis, penyakit liver yang diturunkan, dan kanker hati.

Gejala penyakit liver

Gejala yang dialami sangat beragam, tergantung pada tingkat keparahan penyakit liver itu sendiri. Namun, berikut beberapa tanda penyakit liver yang sering dirasakan penderitanya:

Kulit dan mata menguning / penyakit kuning
Sering merasa kelelahan
Warna urin berubah menjadi gelap
Mual dan muntah
Nyeri perut bagian atas
Pembengkakan pada pergelangan kaki, tungkai, atau perut
Feses berwarna pucat, hitam, atau ada darah
Cara mengatasi penyakit liver

Bagi sebagian orang terutama yang terdiagnosis perlemakan hati, perubahan gaya hidup saja sudah dapat mengendalikan berbagai gejala penyakit liver. Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah seperti berhenti mengonsumsi alkohol serta menjaga berat badan ideal.

Untuk penyakit liver yang disebabkan oleh virus hepatitis, pasien dapat diobati dengan obat antivirus.

Pada kasus kanker hati, pilihan pengobatan mencakup pembedahan, radiologi intervensi, transplantasi hati serta kemoterapi. Semua jenis pengobatan disesuaikan dengan diagnosis, tingkat keparahan penyakit liver serta fungsi hati.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang penyakit liver, gejalanya, cara penanganannya. Apabila Anda telah mengalami beberapa gejala penyakit liver seperti yang tertera di atas, dan telah berlangsung selama beberapa minggu atau menjadi lebih parah, segera kunjungi dokter di rumah sakit terpercaya. Jangan pernah sepelekan gejala yang muncul.

Mudah Merasa Lelah dan Perut Sering Kembung? Bisa Jadi Liver Anda Bermasalah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas